Social Icons

Pages

Sabtu, 15 September 2012

BUSINESS PROCESS

Everything need a process, including a business and every company or organization has always done business processes to generate and manage products . Business processes are properly can reduce the operational costs of  producing output, so they could keep  the profit well.


Pengertian  PROSES BISNIS menurut para ahli manajemen :
  1.  “aktivitas yang terukur dan terstruktur untuk memproduksi output tertentu untuk kalangan pelanggan tertentu. Terdapat di dalamnya penekanan yang kuat pada “bagaimana” pekerjaan itu dijalankan di suatu organisasi, tidak seperti fokus dari produk yang berfokus pada aspek “apa”. Suatu proses oleh karenanya merupakan urutan spesifik dari aktivitas kerja lintas waktu dan ruang, dengan suatu awalan dan akhiran, dan secara jelas mendefinisikan input dan output.” 
  2. Smith and Fingar say  that a Business Process is “the complete and dynamically coordinated set of collaborative and transactional activities that deliver value to customers.” They go on to assert that processes are “characteristically” (and we’re quoting here) Large and Complex; Dynamic; Widely distributed and customized across boundaries; Long-running, Automated; and more. The last item in their list, “Difficult to make visible,” seems to imply a bias towards as-yet-undiscovered As-Is processes but we’re sure they didn’t mean to exclude well-documented, mature processes from their definition. Smith and Fingar derive many valuable insights in their application of this definition even though it’s more restrictive than others.     
  3. Proses bisnis merupakan suatu pekerjaan yang saling terkait untuk menyelesaikan masalah tertentu. Pekerjaan yang dimaksud dalam kasus ini adalah suatu tugas yang menghasilkan keuntungan, bisa berupa uang atau yang lainnya. Suatu proses bisnis dapat dipecah menjadi beberapa bagian proses dengan memiliki ciri tersendiri, tapi pada dasarnya setiap bagian harus memiliki peran untuk mencapai tujuan utama dari proses itu sendiri. 
Rama Catur dkk  mendefinisikan bahwa suatu Proses bisnis adalah sebuah rantai aktivitas berulang yang berhubungan secara logis yang menggunakan sumber daya perusahaan untuk mengolah sebuah objek (fisik atau mental) dengan tujuan untuk mencapai produk atau hasil yang terukur dan telah ditentukan untuk pelanggan internal atau eksternal.

Dari beberapa  definisi yang telah dipaparkan oleh para ahli management  mengenai proses bisnis, dapat ditarik kesimpulan mengenai proses bisnis, yaitu   suatu pekerjaan yang menghasilkan suatu produk yang berdampingan dengan keuntungan.  Proses bisnis merubah masukan (input) baik itu data, informasi, dokumen ataupun bahan baku menjadi keluaran (output) dalam bentuk informasi lebih lengkap, produk setengah jadi atau produk jadi, atau jasa yang telah bernilai tambah untuk dapat dimanfaatkan lebih lanjut dalam proses berikutnya.  Karenanya setiap proses bisnis harus dirumuskan, direncanakan dan dirancang secara sistematis dan terstruktur sehingga mudah untuk dilaksanakan, ditelusuri dan diperbaiki, sehinga sebuah proses bisnis bisa terdiri dari banyak sub-sub proses.

Secara umum proses bisnis yang ada terbagi menjadi tiga jenis. Perbedaan utama dari proses bisnis ketiga jenis tersebut hanya terletak dari perhitungan dan harga pokok penjualan. Pada perusahaan jasa tidak ada perhitungan harga pokok penjualannya karena jasa tidak menggunakan bahan baku, proses produksi sejalan dengan proses delivery. Jasa juga tidak bisa disimpan menjadi persediaan Pada perusahaan dagang, semua produk bisa dijual selama permintaan terhadap produk selalu ada dan tersedianya margin untuk pedagang. Harga pokok penjualan pada perusahaan dagang meliputi biata perolehan , biaya pengangkutan, biaya penyimpanan, biaya bongkar muat, asuransi dan lainnya. Sedangkan pada  perusahaan manufaktur harga pokok penjualan dihitung dari biaya bahan baku, upah dan overhead pabrik. Kapasitas produksi yang ada menentukan volume penjualan. Volume penjualan tidak  bisa bertambah jika tidak ada tambahan kapasitas produksi, baik secara internal(pembangunan pabrik) maupun eksternal (menyewa pabrik lain).

Lantas apa maksud dan tujuan dari proses bisnis tersebut? 
Suatu proses bisnis yang baik harus memiliki tujuan-tujuan seperti mengefektifkan, mengefisienkan dan membuat mudah untuk beradaptasi pada proses-proses didalamnya. Artinya proses bisnis tersebut harus merupakan proses bisnis yang berorientasikan pada jumlah dan kualitas produk output, minimal dalam menggunakan sumber daya dan dapat beradaptasi sesuai dengan kebutuhan bisnis dan pasar. 

Proses Bisnis yang efektif dan efisien dapat menghasilkan nilai-nilai kompetitif bagi perusahaan. Proses bisnis yang dikelola dengan baik akan mampu menumbuhkan peluang. Namun perusahaan terkadang kurang memahami dan tidak mampu mengontrol proses bisnis yang dimilikinya. Pihak manajemen mungkin telah berhasil membuat prosedur yang ideal untuk menjalankan proses bisnisnya, tapi pada kenyataannya, implementasi di lapangan dapat sangat berbeda dari apa yang telah dirancang sebelumnya.

Pada pelaksanaan suatu proses bisnis kadang terjadi redundansi, ketidakefisienan, stagnasi, dan berbagi kesalahan-kesalahan lainnya yang tidak dapat diantisipasi sebelumnya. Bisnis yang tidak tangkas dalam mengontrol proses bisnis yang dimilikinya cenderung akan menghalangi usaha perusahaan dalam mencapai sasaran yang diinginkan.



Reference : 
  1. Jurnal 'Analis Proses Bisnis - Digital Library ITS' 2009 oleh Rama Catur dkk,  Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya
  2. Business Process Management: The Third Wave, by Howard Smith and Peter Fingar, Meghan Kiffer (2006) http://www.omg.org/oceb/defbusinessprocess.html)
  3.  http://id.wikipedia.org/wiki/Proses_bisnis)
  4. Thomas Davenport (1993). Process Innovation: Reengineering work through information technology. Harvard Business School Press, Boston -http://en.wikipedia.org/wiki/Business_process )




-------- Success belongs only to those who are willing to work harder than anyone else ----------


5 komentar:

  1. belum ada kajian berdasarkan jurnal penelitian terkini

    BalasHapus
  2. baik pak, akan saya tambahkan, nanti saya kabari bapak lagi. terima kasih pak :)

    BalasHapus
  3. dimana kajian jurnal yg diminta? berikan daftar referensi pada akhir tulisan. jangan mengandalkan wikipedia utk bahan tulisan.

    BalasHapus
  4. maaf, saya masih belum melihat kajian dari jurnal penelitian terkininya. dimana ya?

    BalasHapus
  5. itu yang dari literatur mahasiswi FEUI, termasuk bukan pak? mlai dari paragraf "Secara umum proses bisnis yang ada ...."

    BalasHapus

 

Sample text

Sample Text

anda memasuki kawasan blog silvana

Sample Text

Thanks for your coming to my blog :)