Social Icons

Pages

Minggu, 16 Desember 2012

Eco- Friendly Business


A sustainable business must be able to support economic growth. Sustainable business is not only profitable for the company, but also for the environment and society.  Various creations and innovations from the craftsmen created to bring in huge profits every month. One is just as  Eco-friendly crafts business opportunities are now much loved customers after the issue of global warming began endemic to many parts of the countryside.  By understanding the true meaning of  Eco-friendly,
 you can implement the practices that will lead to healthier living for
 the planet  and its inhabitants, big and small.


Pada dasarnya bisnis merupakan penyebab terbesar terhadap rusaknya alam. Polusi udara dan air yang timbul sejak revolusi industri  adalah hal besar yang harus diperhatikan. Limbah-limbah yang dihasilkan oleh perusahaan dan rumah tangga pada air dan udara menyebabkan rusaknya kualitas air, udara dan tanah lingkungan itu, karena limbah-limbah itu mengandung zat-zat berbahaya bagi makhluk hidup terutama manusia. 

Oleh karena itu, perencanaan bisnis yang dapat merusak alam perlu dihapuskan  dan mengganti dengan bisnis yang mengarah ke praktik ramah lingkungan. Perusahaan menerapkan strategi ini demi masa depan bisnis dan lingkungan yang lebih baik.  Dan saat ini adalah saat yang tepat bagi perusahaan untuk meninjau kembali strategi bisnis yang stagnan dan menggantinya ke model bisnis baru yang berkelanjutan. Menurut Julie Urlaub, Managing Partner Taiga Company, konsep ramah lingkungan (green) kini tidak lagi menjadi sebuah gerakan biasa namun sudah menjadi tuntutan pasar. Jika kita bisa cerdas memanfaatkannya, tren ini bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan bagi para pemimpin perusahaan. 


Dengan meningkatnya kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap kelestarian lingkungan, fenomena produk “hijau” bisa menjadi bisnis besar. Ini membuka peluang yang menjanjikan bagi para wirausahawan yang peduli lingkungan. Kesuksesan bisnis yang ramah lingkungan bukan hanya dilakukan dengan “memanfaatkan” isu lingkungan, tapi juga karena beberapa faktor determinan. 

Lantas, bagaimana dengan strategi-strategi yang perlu dipahami untuk membangun bisnis yang ramah lingkungan ini? Pertama, positioning yang tepat di tengah konsumen yang beranekaragam. Gaya hidup ramah lingkungan semakin menyebar dan diadaptasi banyak orang. Untuk bisa menangkap konsumen ini –atau bahkan mengubah gaya hidup konsumen yang belum “hijau”– Anda perlu cermat dan spesifik mengenai produk yang Anda jual, apakah makanan, kosmetik, produk pembersih, dan sebagainya. Temukan jenis produk yang “Anda banget” untuk dijual, sesuai minat dan kemampuan.
Kedua, dapatkan sertifikasi untuk produk organik Anda. Selain untuk meyakinkan konsumen, juga sebagai diferensiasi produk Anda yang spesifik sejalan konsep eco-friendly. Dapatkan sertifikat dari lembaga independen (level domestik maupun internasional) sehingga Anda berhak memasang label “organik” resmi dari lembaga tersebut. Label ini penting untuk bisa menarik konsumen yang juga peduli lingkungan dan meningkatkan daya jual brand Anda.
Di samping itu, jangan cuma sekadar menjual ide green living. Agar bisnis Anda benar-benar sukses, praktikkan konsep hidup hijau tersebut. Menjual produk organik berarti Anda juga harus menggunakan produk organik dalam keseharian Anda. Anda tidak akan mendapatkan kepercayaan konsumen jika hanya berkhutbah tentang keunggulan produk organik lalu menjualnya, namun Anda sendiri belum menjadi pribadi yang hijau.
Gaya hidup hijau yang sudah Anda jalankan akan membuat Anda bisa memastikan bahwa produk yang Anda jual dapat dipertanggungjawabkan ke-“hijau”-annya. Anda akan memiliki cukup pengetahuan untuk memastikan bahwa bahan baku, pemrosesan, hingga pengemasan, benar-benar ramah lingkungan.
Bisnis yang sekaligus juga mengembangkan lingkungan , akan menjamin kegairahan hidup masyarakat  yang dapat dirasakan pula kelak untuk generasi mendatang. Oleh karena itu seluruh manusia Indonesia  harus turut berusaha melestarikan lingkungan yang sangat berarti bagi kehidupan generasi  di masa mendatang.



source :
http://www.bundainbiz.com/tips-membangun-bisnis-ramah-lingkungan.html
http://green.kompasiana.com/penghijauan/2012/04/25/pengelolaan-lingkungan-berwawasan-lingkungan-hidup/

0 komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

anda memasuki kawasan blog silvana

Sample Text

Thanks for your coming to my blog :)